production
go-explore

Mau Dekat dengan Alam? Coba 6 Aktivitas Ini di Desa Wisata Batulayang

 

Rindu dengan suasana desa yang asri, sejuk, bebas dari polusi? Coba kunjungi Desa Wisata Batulayang yang berada di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini Sobat Pesona! Desa yang menawarkan pesona alam pegunungan #DiIndonesiaAja tersebut cocok banget jadi tempat pelarian dari padatnya hiruk pikuk perkotaan. Desa Wisata Batulayang juga termasuk dalam kawasan Hutan Pangkuan Desa milik Perum Perhutani, jadi vegetasi di sekitarnya pun masih sangat terjaga. 
 

Apa yang Spesial dari Desa Wisata Batulayang?

Sejauh mata memandang, hamparan bukit dan pepohonan hijau  jadi pemandangan indah yang bisa disaksikan secara cuma-cuma. Selain dimanjakan dengan asrinya alam, Sobat Pesona juga bakal terpincut dengan fasilitas dan pilihan penginapan yang super lengkap.

Simak yuk, 6 kegiatan seru berbasis wisata alam di Desa Wisata Batulayang berikut!
 

1 | Glamping, aktivitas favorit pengunjung Batulayang
 

Desa Wisata Batulayang memiliki fasilitas glamping dengan konsep rumah desa yang estetik abis.Tak hanya cantik, fasilitas di penginapan ini juga pastinya sudah lengkap banget lho. Kalau mau lebih dekat dengan alam, Sobat Pesona bisa berkemah di sekitar lokasi camping ground di Bumi Perkemahan yang tersedia di Desa Wisata Batulayang. Dari area perkemahan tersebut, Sobat Pesona dapat menyaksikan pemandangan asrinya area Desa Wisata Batulayang di tengah pepohonan hijau. Saat malam hari tiba, indahnya pemandangan kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian dijamin bikin Sobat Pesona nggak mau pulang deh!
 

2 | Pacu adrenalin dengan kegiatan offroad

Offroad di Desa Wisata Batulayang

Menghilangkan stres dan melepas kejenuhan tidak hanya dengan istirahat di tempat nyaman, benar nggak Sobat Pesona? Nah, pas banget! Desa Wisata Batulayang ini menawarkan sensasi offroad dengan rute perjalanan yang super seru, salah satunya menyeberangi sungai dengan ATV.  Durasi perjalanan untuk aktivitas ini sangat beragam dan Sobat Pesona bisa berkonsultasi dengan pihak pengelola untuk menentukan durasi yang sesuai dengan keinginan.
 

3 | Arung jeram seru di Sungai Bogor 

Arung jeram di Desa Wisata Batulayang

Keseruan saat offroad bikin Sobat Pesona ketagihan buat mencoba aktivitas yang tak kalah memacu adrenalin? Tenang, masih ada aktivitas lain yang cocok untuk memenuhinya, apalagi kalau bukan ikutan arung jeram di Sungai Bogor! Sobat Pesona bakal mengarungi sungai berarus deras di antara bebatuan kali besar ini menggunakan perahu karet. Bayanginnya aja udah seru banget, nih!

4 | Olahraga sambil menikmati sejuknya udara dan pemandangan alam

Kecantikan Curug Kembar di Desa Wisata Batulayang
Sumber foto: annisayuniassyari

Buat Sobat Pesona yang suka jalan-jalan pagi atau jogging, wajib mampir ke trek menarik yang tersedia di Desa Wisata Batulayang, namanya Kawasan Curug Kembar. Dinamakan seperti itu karena terdapat dua aliran yang berasal tebing yang sama. Selain udara yang sejuk, Sobat Pesona juga bakal ditemani suara gemericik air dan pepohonan hijau yang menenangkan pikiran.


5 | Jelajah desa sembari menikmati wisata edukasi
 

Selain menawarkan pemandangan perbukitan dan suasana desa, Sobat Pesona juga bisa ikut membuat kerajinan tangan seperti yang biasa dibuat oleh warga lokal. Uniknya bahan-bahan yang digunakan untuk produksi kerajinan itu terdiri dari berbagai macam bahan baku limbah makanan dan minuman. Bahan tersebut sengaja dipilih karena masyarakat ingin terus mengembangkan desa wisata yang memperhatikan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Nah, Sobat Pesona bisa banget untuk membelinya sebagai oleh-oleh menarik buat orang-orang tercinta. 


6 | Berfoto ria di hutan pinus

Bagi Sobat Pesona cari spot kekinian yang instagrammable, jalan-jalan santai ke hutan pinus di sekitar Desa Wisata Batulayang ini menarik disambangi. Di sini Sobat Pesona bisa menikmati indahnya gunung dan pemukiman warga dari rumah pohon. Jangan lupa juga bawa kamera dan abadikan setiap sudut di sekitar hutan pinus ini ya Sobat Pesona, karena tempatnya estetik banget!

Itu tadi beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan di Desa Wisata Batulayang, Bogor. Gimana Sobat Pesona, menarik dan seru banget kan buat dicoba? 

Kalau mau tahu lebih banyak informasi mengenai Desa Wisata Batulayang, Sobat Pesona bisa banget menghubungi Bapak Ade Rusmana (0881025239994) yang berperan sebagai pihak pengelolanya.

Demi menjaga keselamatan bersama, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan 6M dengan menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama ya Sobat Pesona!