production

Sebagai puncak perayaan dari hari jadi ke-265 Kota Yogyakarta, Wayang Jogja Night Carnival 2021 sukses menutup rangkaian acara yang begitu meriah. Patut diapresiasi nih kerjasama antara Kemenparekraf, Pemda Provinsi Yogyakarta, Serta Pemda Kota Yogyakarta yang menyukseskan acara yang berlangsung secara hybrid pada Kamis, 7 Oktober 2021. Bertemakan Semar Boyong yang berarti pemulihan, pertunjukkan wayang kali ini mencerita tentang kondisi pagebluk atau pandemi dengan street art yang sangat berkesan.

Nah, apa aja sih yang bikin acara #DiIndonesiaAja ini sukses sampai jadi buah bibir masyarakat internasional? Mari kita simak bahasan berikut!

 

1 | Bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-265 

Kemegahan rangkaian acara hari jadi Kota Gudeg yang ke-265 tahun ini semakin meriah dengan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2021 sebagai puncak acaranya dan sudah diselenggarakan untuk ke-6 kalinya.


Rangkaian acara HUT ini diawali dari sejak tanggal 1 Oktober yaitu dengan peluncuran logo HUT Kota Jogja ke-265, Dekorasi Arsip Foto bertema Jogja Tempoe Doeloe pada 3 Oktober, Festival Permainan Rakyat pada 5 Oktober, dan ditutup dengan WJNC pada 7 Oktober. Meriah banget ya acaranya?

 

2 | Mendapat apresiasi langsung dari Menparekraf


Turut hadir di acara, Mas Menteri Sandiaga Uno juga memberi ucapan selamat atas hari jadi Kota Yogyakarta. Beliau mengapresiasi upaya dan kerja keras Kota Gudeg ini dalam pemulihan dengan upaya meningkatkan angka laju vaksinasi di masyarakat. Dengan adanya acara yang spektakuler ini, pengembangan wisata budaya dan produk kreatif bisa menjadi lebih berkembang. Nggak itu aja, Mas Menteri juga mengapresiasi peluncuran City Brand Kota Yogyakarta yang diharapkan mampu bersaing dengan pasar-pasar luar negeri. Melalui brand ini, Mas Menteri berharap agar bisa membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif dan mempromosikan Kota Yogyakarta ke dunia. Membanggakan sekali, ya!

 

3 | Meriahnya acara dengan pertunjukkan seni yang memesona


Diselenggarakan secara hybrid, pertunjukkan seni WJNC menuai banyak pujian dari para penonton di rumah! Gimana nggak seru, gerakan lihai para penari serta kostum yang megah dan bergaya khas keraton Jogja membuat jumlah penonton daring acara WJNC ini kian bertambah.


Dan yang pastinya, acara ini sepenuhnya diawasi oleh Dispar Jogja yang konsisten berkoordinasi dengan para pengisi acara, sutradara, seniman, budayawan, hingga 14 kemantren se-Kota Jogja. Wah, jadi bikin pingin nonton lagi siaran ulangnya, ya!

 

Deretan destinasi wisata yang membuat Yogyakarta semakin istimewa!

Menyaksikan hebohnya WJNC, jadi tersulut ingin mengunjungi Yogyakarta, ya kan? Nah, berikut ini ada rekomendasi spot-spot wisata unggulan yang wajib dikunjungi kalau ke Jogja.

 

1. Belajar sejarah sambil mengabadikan spot foto instagenic di Candi Prambanan


Harus masuk daftar agenda wajib dikunjungi nih, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta. Apa lagi kalau bukan Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di dunia yang diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-9. Dengan tinggi 47 meter, kompleks taman wisata Candi Prambanan selalu jadi salah satu sorotan postingan wisata Kota Keraton di sosial media. Latar belakang yang instagenic ini pun yang sering diburu para wisatawan. Jadi banyak yang bisa dipost ya?

 

2. Mengagumi keindahan arsitektur Taman Sari yang bikin jatuh hati


Mau jalan-jalan ke taman yang nggak biasa? Mari mampir ke Taman Sari Jogja. Taman yang merupakan saksi sejarah di masa lampau ini, memiliki arsitektur kokoh dan megah khas zaman dulu, dengan gaya Portugis namun kental dengan simbol-simbol Jawa. Mulanya dibangun sebagai fasilitas rekreasi keluarga kesultanan, namun juga difungsikan benteng pertahanan dalam menghadapi musuh. Wah, taman ini bisa jadi latar foto instagenic juga nih!

 

3. Menjajal ragam aktivitas seru di Desa Wisata Pentingsari


Setelah puas dengan hiruk pikuk kota, ada baiknya cari yang adem-adem di Desa Wisata Pentingsari. Terletak di Umbulharjo, Sleman, dan hanya berjarak 12,5 km dari puncak Gunung Merapi, panorama yang disuguhkan desa ini bisa meluluhkan hati para pengunjungnya. Ragam aktivitas yang wajib dicoba pun ada banyak, di antaranya: game outbond, wisata edukasi obat herbal, lihat proses produksi oleh-oleh lokal, cobain campervan, dan masih banyak lagi! Yakin gak mau ke sini?

Menarik sekali ya rangkuman acara Wayang Jogja Night Carnival 2021? Yang pastinya, acara ini tidak akan sukses tanpa kerja keras para panitia acara, seluruh pihak-pihak yang berkontribusi, serta masyarakat yang menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). Dan selalu diingatkan, kalau kamu mau jalan-jalan ke luar rumah, selalu patuhi protokol kesehatan 6M seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan juga menghindari makan bersama. Agar imun lebih kuat saat bertamasya di Kota Keraton, wajib udah vaksin ya!